Merawat Bayi Prematur

5 Langkah Merawat Bayi Prematur

Bayi prematur atau bayi yang lahir sebelum minggu ke 37 memang membutuhkan perawatan khusus. Ada beberapa langkah penting yang dapat Moms perhatikan dalam merawat bayi prematur agar bayi bisa bertahan hidup serta memastikan kondisi kesehatannya terjaga.

Merawat Bayi Prematur
Source: Freepik.com

Dalam merawat bayi prematur memang memerlukan perawatan yang ekstra ketimbang bayi yang dilahirkan secara normal. Hal tersebut karena organ penting seperti saluran pencernaan, paru-paru, kulit, serta daya tahan tubuh bayi belum berfungsi secara optimal. Jadi tidak heran kalau bayi yang terlahir prematur akan ditempatkan pada ruangan khusus, karena bayi prematur belum siap untuk berada diluar rahim.

Bayi prematur memerlukan perawatan khusus di rumah sakit sebelum akhirnya diperbolehkan untuk di rawat di rumah. Pada umumnya bayi prematur sudah dapat diperbolehkan kembali ke rumah apabila bayi sudah dapat meminum ASI atau susu formula secara langsung, berat badan naik, serta suhu tubuhnya sudah stabil. 

Langkah merawat bayi prematur

Langkah ini dilakukan agar Moms dapat merawat bayi secara baik dan benar. Dan tumbuh kembang bayi akan tetap terjaga, Moms dapat menerapkan beberapa langkah berikut:

  1. Metode kanguru

Metode kanguru adalah cara menggendong bayi dengan memasukan kedalam baju atau menggunakan kain gendongan. Metode ini agar membuat kulit Mom dan bayi dapat bersentuhan.

Dengan menggunakan metode ini, bayi akan merasakan langsung aroma tubuh, irama nafas, sentuhan langsung, dan detak jantung Moms. manfaat menggendong dengan metode kanguru antara lain:

  • Menjaga suhu tubuh bayi.
  • Membuat bayi tenang.
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak.
  • Meningkatkan produksi ASI.
  • Membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi.
  • Meningkatkan ikatan emosional antara bayi dan Moms.

Moms bisa menggunakan metode kanguru ketika bayi lahir. Walaupun ada beberapa rumah sakit yang memiliki kebijakan dan membuat Moms harus menunda metode kanguru pada bayi, hingga kondisi bayi stabil.

  1. Jadwal makan

Pada umumnya bayi yang terlahir prematur membutuhkan asupan ASI sebanyak 8 hingga 10 kali dalam 1 hari. Hindari dalam memberikan jeda dari waktu menyusui lebih dari 3 atau 4 jam dari waktu terakhir menyusui. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari masalah dehidrasi pada bayi. Normalnya bayi akan menyusui 6-8 kali dalam 1 hari, kebiasaan ini bisa menjadi tolak ukur kalau bayi sudah mendapatkan kebutuhan ASI yang cukup ya Moms.

Dan apabila bayi gumoh ketika sedang atau sehabis menyusui Moms tidak perlu khawatir, karena itu merupakan hal yang wajar, yang terpenting berat badan bayi tidak berkurang. Apabila bayi gumoh dan berat badan berkurang, Moms bisa periksakan ke dokter. 

  1. Posisi tidur

Bayi yang terlahir prematur harus Moms pastikan tertidur secara terlentang, hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko sindrom kematian bayi mendadak yang sering terjadi pada bayi prematur.

Agar memastikan bayi dapat tertidur secara nyaman dan tenang, Moms bisa menggunakan lotion dari Kuntoem Comforting Cotton Lotion yang memberikan efek menenangkan, karena kandungan berbahan dasar alami yang ada didalamnya. Dengan begitu bayi akan merasa nyaman dan rileks.

  1. Jauhkan dari orang sakit

Jauhkan bayi dari orang yang sakit menular seperti sakit batuk dan flu. Melindungi bayi dari virus penyebab penyakit dengan membatasi bayi berinteraksi atau kontak dengan orang disekitarnya, misalnya dengan keluarga, kerabat atau teman yang sedang menjenguk.

Selain itu Moms juga dapat menghindari bayi dari tempat umum seperti mall. Dan polusi udara seperti asap kendaraan dan asap rokok.

  1. Imunisasi rutin

Imunisasi dilakukan untuk menangkal tubuh bayi dari serangan virus yang berbahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi dengan rutin melakukan imunisasi bayi sesuai jadwal umurnya ya Moms.

Memberikan perawatan yang terbaik untuk bayi kesayangan adalah cita-cita semua orang tua, tidak terkecuali Moms dengan bayi kesayanganya. Selain merawat bayi kesayangan untuk tumbuh kembangnya, Moms juga jangan lupa untuk merawat diri sendiri dan cukup waktu untuk beristirahat. Jangan pernah ragu untuk meminta bantuan keluarga apabila Moms ingin beristirahat. Jadi kalau tubuh Moms fit, sudah pasti akan memberikan perawatan yang terbaik untuk kesayangan Moms.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Cegah COVID-19 Selama Work From Home
Work from home adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama tahun 2020 ini. Mungkin kita tidak tahu, akan …
New Normal Back to Office Starter Kit
Setelah hampir 1 tahun menjalani new normal di Indonesia, sangat penting buat Moms yang sudah mulai kembali bekerja untuk menyiapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *