kulit kering

Kulit Kering pada Bayi

Kulit kering pada bayi sebenarnya adalah hal yang wajar dan sering terjadi pada bayi. Pada bayi yang baru lahir pun bisa mengalami masalah ini. Hal tersebut dirasa normal dikarenakan 9 bulan sebelumnya bayi terendam air ketuban.

kulit kering
Source: Freepik.com

Jadi ketika lahir, kulit sensitif bayi masih menyesuaikan dengan lingkungan sekitar dan hal tersebutlah yang membuat kulit bayi terlihat mengelupas saat terkena udara dingin. Namun bukan hal itu yang menyebabkan kulit bayi kering. Ada hal lain yang dapat menyebabkannya sebagai berikut ya Moms.

Penyebab kulit bayi kering

  • Mandi terlalu sering dan menggunakan sabun yang dapat menyebabkan kulit kering, penggunaan sabun yang tidak tepat juga akan memperburuk kulit pada bayi. Sabun yang tidak tepat akan menghilangkan minyak alami kulit yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit pada bayi.
  • Suhu udara sekitar bayi juga menjadi faktor penyebab kulit kering pada bayi. Suhu dingin atau panas akan membuat kulit bayi menjadi kering, oleh karena itu Moms harus selalu menjaga suhu sekitar bayi dan pastikan suhu sekitar bayi kisaran 23-26 derajat celcius.
  • Penyakit genetik seperti eksim juga menjadi penyebab kulit kering.

Tips mencegah kulit bayi kering

Untuk mencegah kulit bayi Moms menjadi kering, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan, yaitu:

  1. Pastikan cairan harian bayi tercukupi, cairan seperti ASI atau asupan air putih dapat menjadi nutrisi alami yang dapat melembabkan kulit bayi.
  2. Gunakan lotion yang berbahan dasar organik sehabis memandikan bayi atau sebelum tidur, seperti Kuntoem Comforting Cotton Lotion.
  3. Membilas tubuh bayi sehabis berenang, biasakan membilas tubuh bayi sehabis berenang. Hal tersebut dikarenakan klorin yang terdapat pada kolam renang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.
  4. Udara dingin menjadi penyebab kulit bayi menjadi kering. Oleh karena itu apabila bayi sedang beraktifitas di udara yang dingin, Moms harus memakaikan jaket, sarung tangan, dan kaos kaki pada tubuh bayi agar kulit bayi terjaga.
  5. Mandikan bayi dengan suhu yang pas untuknya, kulit bayi sangat sensitif, oleh karena itu penting untuk meastikan suhu air mandi bayi dengan tepat. Pastikan suhu air mandi berkisar 32-38 derajat celcius, Moms bisa menggunakan termometer untuk memeriksa suhu air sebelum memandikannya.
  6. Mandikan bayi dengan sabun yang tepat dan tidak berlebihan. Pilihlah sabun dengan kandungan organik seperti Kuntoem Head-to-toe Nourshing Wash sehingga akan membantu membersihkan tubuh bayi dari ujung rambut hingga kaki dengan aman serta menjaga kulit bayi agar tidak kering sehabis mandi.
  7. Dan yang terakhir, pastikan mandikan bayi maksimal 10-15 menit ya Moms agar kulit bayinya tidak kering.

Baca juga: 6 Tips Cara Memandikan Bayi Yang Benar

Pada umumnya kulit bayi kering dapat diatasi dengan mudah. Namun apabila kulit bayi menjadi gatal yang diakibatkan oleh kering dan tidak kunjung sembuh, sebaiknya Moms periksakan bayi ke dokter anak untuk segera mengatasinya.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Masalah Kulit Pada Bayi Yang Sering Dialami, Apakah Berbahaya?
Masalah Kulit Pada Bayi – Moms pasti sangat berusaha untuk menjaga  dan …
Rash pada pipi
Rash pada pipi bayi – Hi Moms! Hari ini kita mau bahas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *