penyebab bayi kembung

Mengapa Perut Bayi Kembung? Kenali Penyebabnya

Masalah perut kembung tidak hanya dapat terjadi pada orang dewasa, bayi pun bisa mengalaminya. Pentingnya Moms mengetahui penyebab perut kembung pada bayi, karena bayi yang mengalami masalah ini akan kerap rewel dan sering menangis. 

penyebab bayi kembung
Source: Freepik.com

Perut kembung adalah kondisi dimana gas menumpuk pada saluran pencernaan (lambung & usus). Hal tersebut membuat perut terasa penuh dan pada beberapa kasus terlihat bengkak. Perut kembung pada bayi umumnya akan terjadi hingga usia bayi memasuki 3 bulan, karena saluran pencernaan belum berfungsi secara sempurna. 

Penyebab perut kembung pada bayi

Perut kembung pada bayi akan membuatnya rewel saat perutnya terasa kembung. Apabila hal tersebut terjadi pada bayi kesayangan, Moms tidak perlu khawatir. Sebab kondisi tersebut adalah hal yang umum terjadi pada bayi.

Namun Moms juga harus mengetahui penyebabnya untuk meminimalisir perut kembung terjadi pada bayi kesayangan Moms. berikut adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan perut kembung pada bayi:

  1. Makanan yang dikonsumsi Moms

Apabila Moms masih menyusui, ada beberapa makanan yang berpengaruh pada bayi apabila meminum ASI dari Moms. Berikut beberapa makanan yang dapat menimbulkan gas seperti brokoli, kacang, kol, atau bawang bombay.

  1. Posisi menyusui

Posisi menyusui juga menjadi salah satu penyebab perut kembung pada bayi, oleh karena itu menyusui bayi tidak boleh sembarangan ya Moms, karena akan membuat bayi menelan udara kebanyakan dan menimbulkan perut kembung pada bayi.

  1. Sistem pencernaan bayi

Selain masalah dari sisi luar, sisi dalam tubuh bayi juga menjadi salah satu faktor penyebab perut kembung menghinggapi bayi Moms. Sistem pencernaan yang belum matang membuat bayi belum bisa mengolah makanan dengan baik. Hal ini yang mengakibatkan bayi sangat rentan mengalami masalah perut kembung.

  1. Makanan yang dikonsumsi bayi

Ketika bayi sudah memasuki umur MPASI, akan memungkinkan masalah perut kembung pada bayi terjadi. Hal ini dikarenakan makanan yang dikonsumsi bayi semakin beragam. Apabila bayi mengkonsumsi sayuran dengan gas yang berlebih akan menjadi salah satu penyebab perut kembung pada bayi.

  1. Pendingin ruangan

Kondisi suhu ruangan pada bayi adalah hal yang perlu diperhatikan, tak jarang bayi akan rewel apabila suhu sekitar bayi tidak cocok dengannya. Namun Moms juga harus memperhatikan tingkat kekuatan angin atau fan dari pendingin ruangan yang ada di sekitar bayi. Karena apabila angin yang dikeluarkan terlalu besar, akan memungkinkan bayi menelan banyak udara dan bayi akan rentan mengalami perut kembung.

Nah dengan mengetahui penyebab perut kembung pada bayi, maka Moms dapat melakukan berbagai tindakan untuk meminimalisir masalah ini sesuai dengan penjelasan diatas. Hal ini akan sangat membantu kesehatan bayi dan membuat bayi dapat tumbuh dengan optimal.

Selain mengetahui penyebab perut kembung pada bayi, ada hal lain yang dapat Moms ketahui agar tumbuh kembang bayi dapat berkembang secara optimal. Yaitu dengan merawat kulit bayi, seperti yang sudah diketahui kalau kulit bayi sangat sensitif dan memerlukan perawatan khusus dalam menjaga kesehariannya.

Oleh karena itu Moms harus memberikan perawatan yang optimal dengan menggunakan produk dari Kuntoem yang dirasa sangat cocok dalam menemani kebutuhan kulit bayi setiap harinya. Dengan kandungan yang alami dan sudah teruji klinis akan mengurangi rasa khawatir Moms pada masalah kulit bayi yang sering terjadi. Dengan begitu tumbuh kembang bayi akan selalu aman dan optimal.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Cegah COVID-19 Selama Work From Home
Work from home adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama tahun 2020 ini. Mungkin kita tidak tahu, akan …
New Normal Back to Office Starter Kit
Setelah hampir 1 tahun menjalani new normal di Indonesia, sangat penting buat Moms yang sudah mulai kembali bekerja untuk menyiapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *