salep eksim

Pilihan Salep Eksim untuk Bayi

Kulit kemerahan atau ruam adalah masalah kulit yang dinamakan dengan dermatitis atopik atau eksim. Pada bayi yang baru lahir, masalah kulit ini juga dapat terjadi. Eksim pada bayi akan menimbulkan rasa gatal dan membuatnya menjadi tidak nyaman. Namun Moms jangan cemas ya, karena hal tersebut biasa terjadi dan bisa disembuhkan dengan salep eksim untuk kulit bayi.

salep eksim

Eksim cenderung muncul di pipi dan kulit kepala bayi, namun tidak menutup kemungkinan akan muncul pada dada, lengan, kaki hingga bagian tubuh lainnya.

Pilihan Salep Eksim untuk Bayi

Berikut ini adalah salep eksim untuk bayi yang bisa Moms coba untuk mengatasi ketidak nyamanan bayi kesayangan, sebagai berikut:

  • Salep Kortikosteroid

Eksim pada bayi dapat diobati dengan salep yang mengandung kortikosteroid. Salep dapat dioleskan pada bagian yang gatal sebanyak 2 kali sehari.

Untuk mendapatkan salep dengan kandungan ini harus mempunyai rekomendasi dari dokter ya Moms, jadi tidak bisa sembarangan. Mengapa demikian? Kortikosteroid digolongkan dari 4 jenis, mulai dari kategori sedang, agak kuat, kuat dan sangat kuat. Bila Moms membeli langsung tanpa resep dokter bisa jadi Moms akan salah pilih dan di khawatirkan malah akan memperburuk eksim pada bayinya. Salep tersebut tentu saja dapat merusak kulit bayi yang sensitif apabila salah dalam penggunaannya.

Dengan mencheck keadaan bayi di dokter, Moms akan mendapatkan rekomendasi salep Kortikosteroid sesuai dengan tingkat keparahan eksim. Serta Moms akan tau anjuran pemakaian yang dapat diberikan kepada bayinya. Dan perlu di ingat bahwa salep dengan kandungan Kortikosteroid bisa membuat kulit menjadi tipis apabila digunakan untuk jangka waktu yang lama.

  • Pilih yang Memiliki Kandungan Zinc

Salep yang memiliki kandungan Zinc juga dapat mengatasi masalah eksim. Kandungan Zinc bekerja dengan cara membentuk lapisan pelindung kulit serta menjaga kelembaban kulit. Kandungan ini juga dapat mengurangi peradangan atau ruam, antibakteri, merangsang tumbuhnya sel baru, dan mengurangi rasa gatal yang diakibatkan oleh eksim.

  • Krim Pelembab

Selain untuk menjaga kelembaban kulit bayi, krim pelembab juga bisa menjadi solusi perlindungan kulit dan meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh eksim. Krim pelembab memang bukan obat yang dapat menyembuhkan secara langsung kulit merah, meradang atau ruam, dan gatal, melainkan hanya membantu merawat kulit bayi dengan mengembalikan perlindungan kulitnya. Perlu diketahui juga kalau Kuntoem dapat menyembuhkan ruam popok.

Penggunaan krim pelembab sangat baik dilakukan setelah memandikan bayi. Dan dioleskannya pun bisa beberapa kali dalam satu hari. Sangat disarankan menggunakan krim pelembab dengan kandungan yang berbahan dasar organik, bebas dari pewarna dan wewangian seperti Kuntoem Comforting Cotton Lotion sehingga akan aman dalam pemakaiannya.

Selain menggunakan salep untuk bayi, disarankan juga untuk memotong kuku bayi atau gunakan sarung tangan agar dia tidak menggaruk-garuk kulitnya yang gatal. Menggaruk dapat menyebabkan infeksi, serta akan memperparah eksim dan membuat kuit menjadi teriritasi menjadi lebih tebal dan kasar.

Untuk mengurangi rasa gatal yang dialami bayi Moms dapat memandikan bayi kesayangannya dengan air dingin yang sejuk atau hangat, namun tidak dianjurkan memandikannya dengan air panas. Kisaran suhu air yang dapat Moms gunakan untuk memandikan bayi sekitar 32-38 derajat.

Pilihlah sabun dengan kandungan organik seperti Kuntoem Head-to-toe Nourshing Wash sehingga akan membantu membersihkan tubuh bayi dari ujung rambut hingga kaki dengan aman serta menjaga kulit bayi agar tidak kering sehabis mandi.

Jika masalah eksim tidak kunjung sembuh dalam waktu satu minggu, disarankan agar Moms membawa bayi ke dokter anak untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Masalah Kulit Pada Bayi Yang Sering Dialami, Apakah Berbahaya?
Masalah Kulit Pada Bayi – Moms pasti sangat berusaha untuk menjaga  dan memberikan yang terbaik untuk bayinya. Terkadang apa yang …
Rash pada pipi
Rash pada pipi bayi – Hi Moms! Hari ini kita mau bahas salah satu pertanyaan yang kita sering dapatkan "Bisakah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *