mengatasi kembung bayi

Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Perut kembung pada bayi akan menyebabkan bayi sering rewel dan menangis. Oleh karena itu sangat penting buat Moms tau cara mengatasi perut kembung pada bayi. Sebenarnya perut kembung pada bayi adalah hal yang normal terjadi dan akan hilang dengan sendirinya ketika bayi memasuki usia 3 bulan. 

mengatasi kembung bayi
Source: Freepik.com

Perut kembung pada bayi disebabkan oleh sistem pencernaan yang belum sempurna. Pada saluran pencernaan memang terdapat gas atau udara. Namun yang menjadi masalah adalah apabila gas terlalu berlebihan karena akan mengakibatkan masalah perut kembung pada bayi. Pada anak yang lebih besar akan dengan mudah dikeluarkan, berbeda dengan bayi, memerlukan bantuan khusus untuk mengeluarkannya.

Salah satu tanda bayi mengalami masalah perut kembung adalah bayi menjadi rewel dan sering menangis. Oleh karena itu, Moms dapat memeriksakan bayi ke dokter atau memeriksa perutnya dahulu dirumah sebelum berangkat ke dokter. Bayi yang mengalami masalah ini umumnya memiliki perut yang sedikit keras, dan sering buang angin. 

Selain rewel dan menangis, Moms juga dapat memperhatikan gerakan bayi. Apabila bayi sering melengkungkan punggungnya ke belakang dan mengangkat kedua kakinya, bisa jadi bayi bermasalah pada perutnya. 

Cara mengatasi perut kembung pada bayi

Ada beberapa cara yang ampuh untuk mengatasi perut kembung pada bayi, sebagai berikut ya Moms:

  1. Bantu bayi bersendawa

Gendong bayi sambil menepuk-nepuk punggungnya dengan halus. Lakukan hal ini selama 2-5 menit, hingga bayi bersendawa. Cara ini sangat ampuh untuk mengeluarkan gas dalam tubuh bayi dengan cara bersendawa.

  1. Perhatikan posisi menyusui

Posisi menyusui juga menjadi salah satu faktor udara dapat masuk ke tubuh bayi. Pastikan posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Dengan begitu bayi tidak akan menelan banyak udara dan meminimalisasi udara masuk berlebih ke tubuh bayi.

  1. Letakan bayi dalam keadaan tengkurap

Moms dapat memberikan waktu untuk bayi tengkurang dalam beberapa menit, selain dapat membantu kemampuan motorik bayi, membiarkan bayi tengkurap juga dapat udara dari tubuh bayi, sehingga akan mengurangi resiko perut kembung pada bayi.

  1. Hangatkan bayi

Apabila bayi sudah terlanjur mengalami kembung, Moms dapat memberikan pakaian atau selimut hangat yang bertujuan untuk membuatnya merasa nyaman. Selain itu, rasa hangat juga dapat membantu bayi mengeluarkan udara yang ada dalam perutnya.

  1. Pijat bayi

Memijat adalah salah satu cara mengatasi masalah perut kembung. Moms bisa menggosok perut bayi dengan lembut, lakukanlah secara berulang. Agar bayi merasa nyaman ketika dipijat, Moms bisa menggunakan lotion khusus bayi dari Kuntoem Comforting Cotton Lotion yang memberikan efek menenangkan, karena kandungan berbahan dasar alami yang ada didalamnya. Dengan begitu bayi akan merasa nyaman dan rileks. Langkah ini sangat membantu untuk mengeluarkan gas dalam tubuh bayi.

Nah dengan mengetahui cara mengatasi perut kembung pada bayi, maka Moms dapat melakukan berbagai tindakan untuk mengatasi masalah ini sesuai dengan penjelasan diatas. Hal ini akan sangat membantu kesehatan bayi dan membuat bayi dapat tumbuh dengan optimal. Namun apabila langkah diatas belum berhasil mengatasinya, tidak ada salahnya Moms dapat membawa bayi ke dokter.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Cegah COVID-19 Selama Work From Home
Work from home adalah salah satu cara untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama tahun 2020 ini. Mungkin kita tidak tahu, akan …
New Normal Back to Office Starter Kit
Setelah hampir 1 tahun menjalani new normal di Indonesia, sangat penting buat Moms yang sudah mulai kembali bekerja untuk menyiapkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *