eksim pada bayi

Mengenal Eksim pada Bayi dan Cara Menanganinya

Eksim dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada bayi. Gangguan masalah eksim pada bayi dapat menyebabkan kulitnya gatal, sehingga akan rewel. Mengingat kulit bayi masih sangat sensitif, jadi apabila bayi terkena eksim perlu di tangani dengan segera agar tidak menimbulkan infeksi atau masalah kulit lainnya.

eksim pada bayi

Umumnya gejala eksim pada bayi akan timbul pertama kali ketika bayi memasuki usia 3-6 bulan. Namun pada beberapa kasus, eksim bisa saja muncul di usia 2 tahun. Bayi juga dapat beresiko eksim apabila orang tuanya juga memiliki masalah serupa.

Selain dapat menimbulkan gatal, eksim juga memiliki gejala lain berupa ruam pada kulit, kulit kering, dan kulit pecah-pecah. Kulit yang terkena eksim juga dapat luka akibat dari garukan yang dilakukan.

Pada bayi eksim biasa muncul pada area lipatan kulit seperti lipatan siku, lipatan kaki, dan lipatan leher. Namun tidak menutup kemungkinan eksim juga akan muncul pada bagian wajah.

Cara Menangani Eksim

Eksim memang akan hilang dengan sendirinya, tetapi sewaktu-waktu bisa kambuh lagi. Untuk menaggulangi masalah gatal-gatal serta gejala lainnya, Moms dapat melakukan langkah sebagai berikut:

Mandi dengan air hangat

Untuk meredakan rasa gatal pada kulit, Moms bisa memandikan bayi dengan air hangat dengan suhu sekitar 32-38 derajat celcius. Waktu yang dibutuhkan untuk memandikan bayi cukup 10-15 menit. Usahakan jangan melebihi waktu yang sudah ditentukan agar kulit bayi tidak kering.

Gunakan sabun khusus bayi yang berbahan organik dan lembut. Kandungan sabun juga harus dipastikan bebas dari bahan pewangi dan pewarna untuk mencegah iritasi pada kulitnya. Moms bisa menggunakan Kuntoem Head-to-toe Nourshing Wash sebagai alternatif sabun yang aman untuk bayi. Jangan lupa setelah mandi, keringkan tubuh bayi dengan handuk yang lembut dan bersih.

Gunakan pelembab

Setelah mandi, Moms bisa memberikan lotion khusus bayi agar kulitnya tidak kering. Disarankan menggunakan lotion dengan bahan alami agar aman untuk kulitnya. Setelah mandi dan menggunakan pelembab, pilihlah pakaian yang berbahan katun dan lembut.

Hindari pemicu eksim

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan eksim, beberapa penyebab eksim biasanya terjadi akibat produk perawatan kulit yang tidak cocok, keringat berlebih, sabun, suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Moms perlu mengetahui faktor apa yang menyebabkan, karena dalam merawat kulit bayi agar terhindar dari eksim memang perlu detail. Kulit bayi yang sensitif memang harus selalu dijaga perkembangannya.

salep eksim

Oleh karena itu Moms dapat menggunakan produk yang tepat untuk menangani eksim, pilihlah produk yang berbahan dasar organik serta bebas dari bahan pewangi dan pewarna untuk meminimalisir eksim akan terjadi pada bayinya.

Jaga agar bayi tidak menggaruk

garuk
Source: Freepik.com

Ketika masalah kulit eksim kumat, akan membuat area yang bermasalah menjadi gatal dan ingin digaruk. Namun hal ini jangan dibiasakan ya Moms, karena akan memperparah area yang mengalami masalah eksim. Kulit yang digaruk akan mengalami kerusakan hingga beberapa akibat penggarukan akan mengalami luka darah. Bukan hanya itu, dengan menggaruk menggunakan jari juga akan menimbulkan bakteri yang berasal dari jari, dan akan memperparah masalah eksim pada kulit bayi.  

Jadi Moms harus pastikan menggunting kuku bayinya secara rutin, agar kulit tidak terluka ketika digaruk. Bila perlu Moms menggunakan sarung tangan untuk mencegah bayi menggaruk kulit akibat eksim.

Apabila eksim belum juga sembuh dan bahkan semakin parah, sebaiknya Moms segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Lihat Juga: Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak

Semoga bermanfaat ya Moms! 

Masalah Kulit Pada Bayi Yang Sering Dialami, Apakah Berbahaya?
Masalah Kulit Pada Bayi – Moms pasti sangat berusaha untuk menjaga  dan memberikan yang terbaik untuk bayinya. Terkadang apa yang …
Rash pada pipi
Rash pada pipi bayi – Hi Moms! Hari ini kita mau bahas salah satu pertanyaan yang kita sering dapatkan "Bisakah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *